Keutamaan Saling Memaafkan


Hai, Sobat Pio! Tahukah kalian sudah menjadi kodrat sebagai manusia tidak terlepas dari kesalahan dan ketidaksempurnaan dalam perbuatan. Namun demikian, manusia diciptakan juga dibekali dengan sifat-sifat untuk memperbaiki kesalahannya. Salah satu sifat yang dianjurkan untuk kita miliki adalah sifat pemaaf. Sifat pemaaf merupakan sifat yang mulia, karena tidak semua manusia dapat berbesar hati dengan mudah untuk memaafkan kesalahan orang lain.

Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan dalam menjalani kehidupan mempunyai dua hubungan yang wajib dijalankan sesuai dalam perintah ajaran Islam. Salah satu cara dalam menjaga hubungan dengan sesama manusia adalah dengan saling memaafkan. Memang tidak mudah, menjaga hubungan dengan manusia jauh lebih sulit daripada menjaga hubungan dengan Allah SWT. Saling memaafkan juga menjadi faktor utama dalam membangun hubungan yang sehat dan harmonis. Kita semua pasti pernah melakukan kesalahan dalam hidup kita. Namun, yang membedakan antara orang yang bijak dan yang tidak adalah kemampuan untuk meminta maaf dan memaafkan kesalahan yang dilakukan. Saling memaafkan bisa menjadi kunci dalam mengatasi konflik atau perselisihan yang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat.

Ketika seseorang memberi maaf atau mengalah, maka secara tak langsung ia menunjukkan bahwa dirinya lemah dan tidak memiliki kekuatan. Namun sebanding dengan itu, Allah akan menambah kemuliannya. Rasulullah SAW bersabda dalam sebuah hadis, “Tidak ada orang yang memberi maaf kepada orang lain, melainkan Allah SWT akan menambah kemuliaannya. Dan tidak ada orang yang merendahkan diri karena Allah, melainkan Allah akan mengangkat derajatnya.” (HR Muslim no 2588).

Rasulullah SAW telah banyak mendorong umat muslim untuk bersikap pemaaf pada orang lain melalui contoh perbuatannya semasa hidup. Dikisahkan dari istri Rasulullah SAW, Aisyah, pernah ditanya tentang akhlak Rasulullah SAW, maka dia menjawab, “Beliau tidak pernah berbuat jahat, tidak berbuat keji, tidak meludah di tempat keramaian, dan tidak membalas kejelekan dengan kejelekan. Melainkan beliau selalu memaafkan dan memaklumi kesalahan orang lain,” (HR Ibnu Hibban). (RED_KYS)

Sumber : https://www.detik.com

Mengikuti Trend Belanja di Thrift Shop


Hai, Sobat Pio! pernahkah mendengar thrift shop? Kata “thrift” sendiri secara harafiah dalam terjemahan kamus bahasa inggris mengandung arti hemat (kata sifat), berhemat (kata kerja), penggunaan uang secara hati-hati, khususnya menghindari pemborosan dan bertujuan menabung di masa depan. Dari definisi thrift inilah kemudian meluas digunakan untuk istilah barang bekas atau second yang masih pantas pakai dan harganya lebih miring dari harga barunya. Jadi maksudnya konsumen bisa lebih berhemat dengan membeli barang bekas (thrifting) di toko thrift shop. Barang yang dijual di thrift shop sebenarnya tidak hanya baju, ada juga yang berupa tas, asesoris, topi, sepatu, barang elektronik, alat musik, peralatan rumah tangga, pernak-pernik hobi koleksi atau benda-benda unik dan jadul lainnya. Perkembangan lainnya dari thrift shop ada yang mewujudkannya dalam bentuk toko sedekah barang bekas. Konsepnya biasanya pemilik akan jemput bal bagi yang ingin mensedekahkan barang-barang bekasnya, kemudian pemilik toko akan mensortir lagi yang benar-benar masih pantas pakai dan dijual di tokonya dengan sangat miring agar yang membutuhkan bisa membelinya. Berbelanja di thrift shop dapat menjadi sebuah pilihan bagi konsumen yang ingin berhemat dengan mencari barang pantas pakai, berkualitas, bermerk, dan lain daripada yang lainnya dengan harga yang ramah di kantong. Mereka ini biasanya memiliki budget pas-pasan. Bagaimana tidak, misalnya dengan harga 100rb saja bisa mendapatkan 2 baju bahkan lebih. Selain itu ada juga yang meyakini belanja di thrift shop justru membantu mengurangi penumpukan sampah barang bekas dengan menggunakannya kembali. Sebaliknya, membeli barang di thrift shop dihindari oleh sebagian konsumen lainnya dengan berbagai pertimbangan. Diantaranya konsumen yang gengsi membeli barang bekas, memiliki budget lebih untuk membeli barang baru, alasan kesehatan dari penggunaan barang bekas orang lain, serta berkeyakinan adanya thrift shop justru dapat menambah sampah dari impor barang bekas yang notabene sebenarnya dilarang secara hukum, terutama baju bekas. Setiap kita sebagai konsumen berhak menentukan pilihannya, kembali ke prinsip dan pertimbangan masing-masing, yang penting tidak sekedar mengikuti trend. (RED_KNF)

sumber : https://www.kompasiana.com

Lomba Hari kartini


ㅤㅤHai, Sobat Pio! Pada hari ini SMKN 2 Kota Kediri baru saja memperingati hari Kartini dengan mengadakan lomba Kartini di hari Rabu, 25 April 2024. Lomba hari Kartini dilaksankan di aula SMKN 2 Kota Kediri. Tema lomba Kartini kali ini adalah “MAESWARA” yang artinya Memayu Kreatifitas Lumantar Urubing Karya. Alasan memilih tema ini karena tema tersebut memiliki arti yang menarik yaitu, meningkatkan kreatifitas sehingga menyalakan karya ditengah peringatan hari Kartini tahun ini. Tujuan diadakannya lomba ini untuk memperingati atau mengingat siapa sosok Ibu Kartini dan sebagai ajang menunjukkan kreatifitas yang dimiliki oleh siswa-siswi SMKN 2 Kota Kediri. Siswa-siswi yang berpartisipasi dalam lomba Kartini ini adalah kelas 10 dan kelas 11.

ㅤㅤRangkaian acara yang pertama, yaitu lomba Fashion show kebaya 70’s. Peserta lomba harus memakai kebaya 70’s tradisional, diikuti oleh kelas 10 dan kelas 11, setiap kelas harus memiliki perwakilan 2 orang siswi sebagai mmodelnya. Selanjutnya ada lomba menyanyi solo, untuk lomba menyanyi solo setiap peserta menggunakan pakaian kebaya, untuk lagunya yang mereka bawakan harus lagu daerah dan lomba ini hanya diikuti oleh kelas 10. Kemudian yang terakhir ada lomba poster Kartini, lomba ini hanya diikuti oleh siswa kelas 11. Dalam berlangsungnya kegiatan ini ada beberapa ekstra kurikuler yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan lomba Kartini ini diantaranya yaitu MPK, OSIS, PASGARDA, Basket, Kiloe Journalist, HVS, Pramuka, Teater, dan juga Karawitan.

ㅤㅤKegiatan lomba Kartini tahun ini berjalan dengan lancar dan cukup baik. Para peserta dan juga panitia, semua sangat antusias dalam mengikuti rangkaian kegiatan lomba Kartini ini. Walaupun ada sedikit kendalanya saat pelaksanaan lomba, tetapi panitia dapat mengatasinya dengan baik. Dibalik itu semua kegiatan lomba hari ini cukup baik dan sangat berkesan. Diharapkan kegiatan lomba hari Kartini di tahun berikutnya panitia lebih baik lagi dan peserta banyak yang ikut berpartisipasi. (RED_ADJ&RED_AUR)

Narasumber : Zilda Eka Saputri X Akl 4 (Ketua Panitia) Kayshifa Luna Maharani X Mplb 1 (Peserta Lomba)

LEPTOSPIROSIS


Hai, Sobat Pio! Kalian tahu nggak penyakit ini? Iya, penyakit yang lagi viral ditahun 2024 ini. Nama penykit ini yaitu leptospirosis atau bisa disebut kencing tikus. Leptospirosis adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh bakteri leptospira yang dapat menjangkiti manusia dan hewan. Di Indonesia leptospirosis disebabkan oleh tikus yang melepaskan bakteri urin ke lingkungan. Selain itu, leptospirosis dapat menular melalui kulit yang lecet atau selaput lendir yang kontak langsung dengan genangan air. Pada awal tahun 2024 Yogyakarta diguyur hujan selama 3 hari dan menyebabkan genangan air sepanjang jalan. Genangan air tersebut menyebabkan tikus menjadi mudah untuk menyebarkan bakteri. Leptospirosis dapat menyerang organ dalam seperti jantung, hati, ginjal, paru, dan otak.

Solikhin Dwi R, MPH., seorang epidemiologi dinas kesehatan Kota Yogyakarta, mengatakan bahwa “Hal penting dan segera disadari adalah jika merasakan sakit atau gejala demam, nyeri sendi, pusing, nyeri otot terutama bagian betis, mata kuning bahkan tidak kencing sampai 6 jam setelah 2-5 hari sebelumnya, melakukan pekerjaan yang beresiko yang terpapar urine tikus.” Gejala tersebut muncul setelah penderita melewati inkubasi sekitar 10 hari. Bakteri leptospita ini dapat hidup selama beberapa tahun diginjal hewan-hewan tersebut tanpa menimbulkan rasa sakit, dan bertahan beberapa bulan di air dan juga bisa ditanah yang terkontaminasi air kencing hewan pembawa leptospira.

Dinas kesehatan Yogyakarta menghimbau kepada warga Kota Yogyakarta untuk waspada dengan penykit leptospirosis yang sedang melanda di kota mereka. Cara menjaga kewaspadaan mereka sebagai berikut:

1. Minimalisir sampah yang akan mengundang tikus.

2. Warga yang bekerja dengan sampah harus menggunakan pelindung diri.

3. Jika ada luka dibagian tubuh, seperti ditangan dan dikaki untuk segera diobati dan ditutupi dengan perlindungan luka.

4. Cuci tangan dan bersih-bersih setelah beraktivitas di tempat yang beresiko terjadinya penyakit leptospirosis.

5. Menghindari makan dan minum di tempat yang beresiko terjadinya penyakit leptospirosisi.

Setelah mengetahui hal itu mari kita menjaga kebersihan diri maupun kebersihan lingkungan tempat tinggal kita, agar leptospirosis tidak dapat tumbuh maupun muncul disekitar kita. (RED_FWD)

Sumber: https://kesehatan.jogjakarta.go.id

Revolusi Genom


Hai Sobat Pio! Siapa nih yang tahu tentang Revolusi Genom? Revolusi genomadalah salah satu revolusi terpenting dalam sejarah umat manusia karena mencakup semua kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkisar pada studi genom manusia. Revolusi genom telah menjadi salah satu tonggak penting dalam sejarah ilmu pengetahuan dan teknologi medis. Pemetaan dan pemahaman genom manusia telah membuka pintu bagi inovasi besar dalam berbagai bidang, dari pengobatan penyakit hingga pemahaman tentang evolusi manusia. Pada tahun 2003, setelah lebih dari satu dekade kerja keras Proyek GenomManusia berhasil menyelesaikan pemetaan genom manusia. Ini adalah pencapaian luar biasa yang memungkinkan ilmuwan memahami kode genetik yang membentuk setiap individu manusia. Sejak itu, teknologi pemetaan genom telah berkembang pesat, menjadi lebih cepat, lebih murah, dan lebih akurat.Teknologi genomik memungkinkan diagnosa penyakit yang lebih akurat. Dengan memetakan genom individu dokter dapat mengidentifikasi mutasi genetik yang berkaitan dengan penyakit tertentu, memungkinkan diagnosis dini dan perawatan yang lebih efektif. Hal ini membantu mengurangi kesalahan dalam diagnosa dan memberikan solusi yang lebih tepat bagi pasien. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang genetika penyakit, industri farmasi dapat mengembangkan obat yang lebih tepat sasaran. Ini memungkinkan pengembangan obat dengan efek samping yang lebih rendah dan efektivitas yang lebih tinggi. Pemetaan genom juga memungkinkan pengembangan obat yang dirancang khusus untuk menargetkan mutasi genetik tertentu, membuka jalan bagi pengobatan yang lebih personal.Meskipun revolusi genom membawa potensi besar untuk kemajuan dalam bidang kesehatan dan ilmu pengetahuan, masih ada tantangan yang perlu diatasi. Isu privasi data genom, etika pengeditan genom, dan akses yang adil terhadap teknologi genomik adalah beberapa dari banyak tantangan yang harus diatasi saat kita melangkah menuju masa depan yang ditandai oleh pemahaman yang lebih dalam tentang genom manusia. Dengan terus mengembangkan teknologi dan memecahkan tantangan yang ada, revolusi genom memiliki potensi besar untuk mengubah wajah kesehatan manusia dan membawa manfaat yang besar bagi masyarakat global. (RED_AHA)

Sumber : https://www.bbva.ch

PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI GENERASI MUDA


Hai, Sobat Pio! Pendidikan memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan mimpi kemajuan bangsa. Mimpi kemajuan melalui jalan pendidikan ini mencakup berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial, budaya, dan politik. Pendidikan adalah pondasi utama untuk mencapai semua mimpi indah tentang bangsa yang maju itu. Pertama-tama, pendidikan memberikan akses yang adil dan merata kepada pengetahuan dan keterampilan. Dengan pendidikan yang berkualitas, setiap warga negara memiliki kesempatan yang sama untuk mengembangkan potensi diri mereka. Ini menciptakan masyarakat yang lebih inklusif dan memiliki kemampuan daya saing di masa depan.

Selanjutnya, pendidikan juga peran penting dalam meningkatkan ekonomi masyarakat Indonesia. Dengan pendidikan yang baik, maka sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi lebih produktif. Mereka memiliki keterampilan yang diperlukan untuk bekerja dalam berbagai sektor, dari industri hingga di ranah teknologi. Pada ujungnya, ini dapat menggerakkan pertumbuhan ekonomi dan mengurangi kesenjangan pendapatan. Selain itu, pendidikan juga berkontribusi pada perkembangan kemajuan di bidang sosial dan budaya. Dengan pendidikan, orang-orang dapat memahami dan menghargai keberagaman budaya Indonesia yang kodratnya memang berbeda-beda. Ini menciptakan masyarakat yang lebih harmonis dan bersatu, yang mampu menjaga keutuhan negara dalam ikatan sebagai saudara.

Dalam konteks politik, pendidikan memberikan dasar yang kuat untuk demokrasi yang sehat. Orang-orang yang terdidik cenderung lebih terinformasi dan memiliki pemahaman yang lebih baik tentang isu-isu politik. Mereka dapat berpartisipasi dalam proses demokrasi dengan bijak, memilih pemimpin yang mampu mengemban tanggung jawabnya dengan baik. Untuk mewujudkan mimpi kemajuan Indonesia melalui pendidikan, ada beberapa tantangan yang perlu diatasi, salah satunya adalah membuat akses menjadi lebih merata. Masih ada daerah-daerah di Indonesia yang perlu perhatian dan penanganan lebih agar lebih berkualitas. Selain itu, kualitas pendidikan perlu ditingkatkan secara keseluruhan, termasuk pelatihan guru dan kurikulum yang relevan dengan kebutuhan zaman.

Dalam rangka mewujudkan mimpi kemajuan Indonesia, pendidikan harus menjadi prioritas utama. Investasi dalam pendidikan adalah investasi dalam masa depan bangsa. Dengan pendidikan yang baik, Indonesia dapat menghadapi berbagai tantangan global dengan keyakinan dan mencapai kemajuan yang berkelanjutan dalam semua aspek kehidupan. Oleh karena itu, penting bagi pemerintah, masyarakat, dan semua pemangku kepentingan untuk bekerja sama dalam upaya memajukan sistem pendidikan Indonesia. Dengan demikian, Indonesia dapat mengubah mimpi kemajuan menjadi kenyataan, menciptakan masa depan yang lebih cerah untuk semua generasi yang akan datang.(RED_MVA)

sumber : https://www.tandfonline.com

Cromboloni


Hai, Sobat Pio! Apa kabar nih kalian semua pecinta jajanan kuliner? Kuliner apa saja nih yang udah kalian cobain? Tradisional food?, Korean food?, Atau yang lagi viral akhir-akhir tahun kemarin?. Apakah Sobat Pio tahu jajanan yang sempat viral akhir tahun kemarin? Yapss, akhir tahun kemarin ada jajanan yang lagi viral, Jajanan ini bernama Crombloni. Banyak banget yang mengunggah jajanan ini di media sosial. Bukan tanpa alasan Cromboloni bisa di sukai banyak pecinta kuliner seperti sobat pio semuanya. Sebab, Cromboloni pun sangat mengunggah selera dari tampilannya saja.

Cromboloni sendiripun terbuat dari adonan pastry. Antara lain cromboloni adalah perpaduan croissant dan bomboloni. Croissant adalah kue yang berasal dari Austria yang terbuat dari adonan pastry yang berlapi lapis. Sementara, bomboloni merupakan donat tanpa lubang yang berisi krim yang sangat manis.

Nah, dari perpaduan tersebut cromboloni berbentuk bulat tanpa ada lubang dan tekstur luarnya yang krispi dan renyah seperti croissant. Sementara, tekstur dalamnya yang lembut dan krim manis yang berlumer. Di luarnya pun biasanya di taburi krim lagi dan taburan sprinkle. Wah dari tampilannya emang mengunggah selera banget ya Sobat Pio?.

Cromboloni sendiri ada banyak macam rasa loh!. Mulai dari rasa coklat, macha, tiramisu, Vanilla, Strawberry dan masih banyak lagi. Cromboloni juga cocok untuk teman minum teh atau untuk pencuci mulut. Banyak sekali di sosial media khususnya aplikasi tiktok, orang orang yang membuat konten cara membuat cromboloni. Ada yang langsung dari adonan pastry, bahkan ada yang buat versi low budget nya loh!.

Tidak heran juga kalau banyak sekali toko kue yang menjual jajanan viral satu ini. Bahkan tak sedikit orang-orang yang rela antri untuk dapetin 1 pcs cromboloni. Emang ya pesona jajanan viral satu ini tuh bener-bener luar biasa banget. Apakah sobat Pio tau?. Kota Kediri adalah salah satu kota yang ada di Jawa Timur yang di juluki Surganya Kuliner Loh!. Tak heran banyak Toko kue yang ada di Kediri menjual jajanan viral satu ini. Seperti, Olivia Bakery, Cafe Kovii, dan Rocabana. Cocok banget buat sobat pio semuanya yang belum kesampaian beli Jajanan Viral satu ini sampai sekarang. Bisa ajak temen, keluarga atau bisa ajak pacar juga loh buat Cromboloni date. (RED_NLA)

Sumber: Sumber:https://www.rri.co.id

SERIAL BUMI


Hai, Sobat Pio! Beberapa dari kalian pasti ada yang hobi membaca. Buku bacaan juga banyak sekali jenisnya. Ada buku fiksi dan non fiksi. Kali ini kita akan membahas buku fiksi yakni novel. Novel yakni buku yang dikarang oleh seorang sastrawan dan berasal dari imajinasi atau pengalaman sastrawan tersebut. Kali ini kita akan membahas novel Bumi karya Tere Liye.

Darwis atau seringkali dikenal dengan Tere Liye menerbitkan novel Bumi melalui Gramedia pada 16 Januari tahun 2014. Genre novel Bumi sendiri yakni Bildungsroman, Fiksi Petualangan, dan Fantasi. Tebal novel serial Bumi adalah sebanyak 440 halaman. Novel Bumi juga terus berlanjut ke serial Bulan, Matahari, Bintang, dan masih banyak lagi hingga yang terbaru adalah Ily yang terbit pada bulan April 2024.

Serial Bumi sendiri menceritakan tentang seorang anak berusia 15 tahun yang bernama Raib memiliki kekuatan aneh pada usia 22 bulan. Kekuatan aneh tersebut yakni jika Raib menutup wajahnya menggunakan telapak tangan maka seluruh tubuhnya akan menjadi transparan. Hingga pada usia 15 tahun, Raib dihampiri oleh sosok tinggi kurus bernama Tamus. Pertemuan itu membuat Raib penasaran hingga guru matematikanya yang bernama Mis Selena memberi tahu bahwa Raib adalah keturunan klan Bulan.

Petualangan Raib dimulai saat temannya yang bernama Ali mengetahui rahasia kekuatannya dan saat Raib mengetahui Seli bisa mengeluarkan petir dari tangannya. Mereka bertiga pergi ke klan Bulan dengan buku aneh milik Raib yang diberikan oleh Mis Selena. Buku aneh milik Raib bisa membuka gerbang ke klan lain. Perjalanan pertama Raib ialah saat pergi ke klan bulan dikarenakan keterdesakan Raib yang sedang diincar oleh Tamus. Tamus mengamuk di aula sekolah Raib, tetapi Raib, Seli, dan Ali selamat karena Mis Selena menahan Tamus di aula sekolah. Raib mengotak atik buku aneh miliknya dan alhasil mereka bertiga tiba tiba muncul di rumah Ilo, salah satu penduduk klan Bulan. Beruntungnya, Raib adalah keturunan klan Bulan yang bisa berkomunikasi dengan Ilo dan Ilo merupakan desainer baju yang ramah.

Kekuatan Raib berkembang seiring dengan pengalaman berpetualangnya di klan klan lain. Keseruan petualangan mereka bisa kita baca di novel Bumi.(RED_RAY)

Sumber : https://id.m.wikipedia.org

Keutamaan Tadarus di Bulan Suci Ramadhan


Hai, Sobat Pio! Bulan Ramadhan merupakan bulan yang selalu dirindukan kehadirannya oleh setiap muslim. Bulan yang penuh dengan amal kebaikan dan pahala yang melimpah ruah ini selain diwajibkan berpuasa, umat muslim juga dianjurkan untuk mengerjakan amalan sunah di bulan Ramadhan, seperti tadarus Al Qur’an yang memiliki beberapa keutamaan.


Apakah kalian tahu, Bulan Ramadhan disebut juga dengan Syahrul Qur’an atau bulan Al Quran karena di bulan suci ini kitab suci umat Islam diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Allah memuliakan bulan Ramadhan di antara bulan-bulan lainnya. Karena Allah telah memilih bulan Ramadhan di antara seluruh bulan yang ada sebagai waktu penurunan kitab suci Al Quran. Apa saja keutamaan tadarus Al Quran? Hal tersebut sesuai dengan firman Allah SWT dalam Al Quran surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya: “Bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Al-Qur’an sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang batil).” (QS. Al Baqarah: 185).


Oleh sebab itu, pada saat bulan Ramadhan tiba sering kali kita jumpai orang-orang yang melafalkan ayat Al Quran di masjid hingga larut malam, karena tadarus atau membaca Al Quran di malam bulan Ramadhan merupakan salah satu amalan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Ada keutamaan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan yang perlu diketahui.


Tadarus Al Qur’an telah menjadi tradisi atau kebiasaan yang akan dilakukan oleh umat IsIam pada malam hari di bulan Ramadhan, salah satu keutamaan tadarus Al Qur’an di bulan Ramadhan yaitu, Pemberi Syafa’at di hari kiamat, Keutamaan tadarus Al Quran di bulan Ramadhan adalah pemberi Syafa’at di hari kiamat. Selain akan mendapat pahala, dan menjadikan hati kita tenang, umat muslim juga akan mendapat Syafa’at. Di ceritakan dalam salah satu hadist bahwa pada saat kiamat tiba, Nabi Muhammad akan datang memberi Syafa’at kepada umatnya yang gemar membaca Al Quran.


Di bulan Ramadan ini tidak hanya tadarus Alquran saja yang pahalanya akan berlipat ganda, melainkan semua amalan baik yang kita lakukan. Seperti dengan membayar zakat fitrah, dan besedekah. (RED_DEW)

Sumber: https://www.suara.com

Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan


Hai Sobat Pio! Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim, karena di bulan Ramadhan semua umat Muslim di seluruh dunia berpuasa dan meningkatkan amalan kebaikan. Salah satu amalan yang dianjurkan di bulan Ramadhan adalah sedekah. Sedekah adalah suatu tindakan memberikan sebagian dari harta atau rezeki kepada orang yang membutuhkan tanpa mengharapkan imbalan dari penerima maupun orang lain. Sedekah tidak hanya berbentuk uang, namun dapat berupa pemberian makanan, pakaian, dan kebutuhan yang bermanfaat lainnya. Sedekah merupakan salah satu bentuk ibadah mendekatkan diri kepada Allah, apalagi jika kita bersedekah di bulan Ramadhan. Sedekah di bulan Ramadhan pahalanya akan jauh lebih besar daripada bersedekah di bulan-bulan lainnya. Ini menjadi kesempatan emas bagi umat Muslim untuk mendapatkan pahala yang berlipat ganda. Rasullullah SAW bersabda bahwa sedekah memiliki kekuatan untuk menghapus dosa, sebagaimana air memadamkan api. Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuknya menunjukkan rasa peduli dan empati kepada mereka yang membutuhkan. Rasulullah SAW juga mengajurkan umatnya untuj bersedekah secara rutin, baik dalam keadaan yang melimpah maupun sedikit rezeki, karena sedekah tidak akan mengurangi harta seseorang bahkan akan menjadi sumber keberkahan. Melalui sedekah, kita dapat membantu memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi bagi mereka yang membutuhkan. Sedekah tidak hanya memberi bantuan materi, namun juga memberikan harapan, semangat, dan keberanian kepada mereka. Oleh karena itu, sedekah tidak hanya memberikan nilai spiritual yang tinggi, tetapi juga dampak positif dalam membangun masyarakat yang lebih sejahtera. (RED_DAJ)

Sumber : detik.com