Gaya Hidup Minimalis untuk Kesehatan Fisik dan Mental


Hai, Sobat Pio! Pernah kah kalian mendengar kata “gaya hidup minimalis”? Pastinya di era sekarang ini sudah tidak asing dengan pernyataan-pernyataan seperti itu, karena mustahil jika generasi sekarang tidak memiliki gadget. Sebagian besar informasi yang diperoleh adalah dari sosial media. Nah, jadi simak sedikit penjelasan di dalam artikel ini tentang bagaimana sih memulai gaya hidup minimalis itu? Dan bagaimana agar itu menjadi suatu kebiasaan yang berdampak positif untuk diri sendiri. Lalu, apakah Sobat Pio tahu arti dari gaya hidup minimalis? Menurut Break the Twitch, minimalis adalah gaya hidup yang berfokus pada meminimalkan gangguan yang dapat menjaga kita untuk melakukan hal-hal yang benar-benar penting saja.

Gaya hidup minimalis sifatnya sangat personal, setiap orang yang menjalankannya punya penerapan yang berbeda-beda, karena pola pikir dan kebutuhan yang berbeda juga. Ada beberapa manfaat dan juga tips untuk menerapkan gaya hidup minimalis ini, yang harus Sobat Pio ketahui terlebih dahulu. Simak beberapa tips atau cara yang dapat dicoba  :

  1. Merapikan rumah secara rutin
  2. Belanja sesuai kebutuhan
  3. Kurangi ikatan emosi terhadap barang
  4. Terapkan prinsip mengganti, bukan menambah

Manfaat dari menerapkan gaya hidup minimalis juga sangat memberikan dampak positif bagi yang menjalankan, yaitu :

  1. Lebih sehat secara finansial
  2. Hemat waktu dan energi
  3. Baik untuk lingkungan
  4. Mengurangi stres
  5. Menambah space untuk hal penting

Tips di atas mungkin sudah menjelaskan makna dari gaya hidup minimalis. Dan juga manfaat yang diperoleh. Gaya hidup minimalis mampu untuk membantu membentuk lebih sederhana yang berpengaruh untuk kesehatan. Kebiasaan hidup minimalis yang sedang dilakoni ini membantu Sobat Pio dan para pembaca artikel ini untuk tidak terbebani dengan perasaan bersalah mengeluarkan uang berlebihan. Yang perlu diingat adalah pada akhirnya, menjalani gaya hidup yang lebih sederhana atau gaya hidup minimalis akan berdampak sangat baik bagi kesehatan mental hingga kehidupan sosial seseorang.

(RED_AYD)

Sumber : https://blog.skillacademy.com

 

Dampak Polusi Udara Bagi Kesehatan Kita


Hai, Sobat Pio! Pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan aman menjadi perhatian utama yang harus dipikirkan setiap orang. Tidak ada yang suka memikirkan polusi di dunia, dan semua orang ingin melakukan sesuatu tentang hal tersebut. Setiap orang berhak untuk menghirup udara bersih dan minum air dengan bebas. Dalam napas yang sama, tidak seorang pun harus dipaksa untuk melihat akibat dari semua polusi di dunia. Faktanya, ini adalah tanggung jawab yang kita semua miliki, jadi mari kita bicara tentang pentingnya menjaga lingkungan tetap bersih dan aman.

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa tidak ada satu faktor pun yang akan mencegah terjadinya polusi atau menjauhkannya sepenuhnya. Polusi terjadi karena sejumlah alasan, tetapi penting untuk mengetahui dampak buruk dari polusi dan cara untuk mengatasinya.

Secara umum, dampak polusi pada manusia terbagi menjadi dua, yaitu dampak jangka pendek dan dampak jangka panjang. Dampak jangka pendek biasanya merupakan efek sementara yang akan menghilang jika polutan menghilang atau dengan pengobatan ringan, sedangkan dampak jangka panjang biasanya disebabkan oleh paparan polusi udara selama bertahun-tahun dengan dosis yang terlalu besar. Dampak buruknya tidak akan langsung muncul namun terakumulasi sehingga menimbulkan dampak yang lebih besar.

Contoh dampak jangka pendek nya adalah ritasi pada mata dan tenggorokan, sakit kepala, batuk, dan juga pusing. Sedangkan dampak yang lebih parah antara lain pneumonia dan juga bronkitis, sedangkan contoh dampak jangka panjang nya adalah kanker paru-paru, penyakit jantung, emfisema, hingga gangguan saraf dan juga organ lainnya.

Cara mengatasi nya antara lain:

1. Mengurangi Pemakaian Kendaraan Bermotor.

2. Memakai Produk Daur Ulang.

3. Tidak Membakar Sampah.

4. Menanam Pohon.

5. Tidak Membakar Hutan

Nah Sobat Pio, itu dia dampak buruk dari polusi udara untuk kesehatan kita, mulai sekarang kita harus lebih memperhatikan lingkungan kita agar terbebas dari polusi udara. Sekian artikel hari ini semoga bisa bermanfaat buat Sobat Pio dan sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_AWW)

Sumber : https://www.merdeka.com

Cacar Monyet dan Cara Meredakannya


Hai, Sobat Pio! Apakah kalian sudah tahu tentang penyakit cacar monyet? Kalau kalian belum tahu simak sedikit penjelasan dan cara mengobatinya. Wabah cacar monyet (monkeypox) yang baru merebak di beberapa negara memunculkan kekhawatiran, seperti diketahui cacar monyet adalah penyakit yang disebabkan infeksi virus monkeypox. Virus penyebab cacar monyet termasuk mirip dengan penyakit cacar yang berasal dari anggota keluarga orthopoxvirus.

Menurut organisasi kesehatan dunia, ada beberapa gejala cacar monyet yang perlu diwaspadai, yaitu:

  • Demam
  • Sakit kepala hebat
  • Nyeri otot
  • Sakit punggung
  • Badan lemas
  • Kelenjar getah bening bengkak
  • Muncul ruam selang satu sampai tiga hari setelah demam, ruam biasanya muncul di wajah telapak tangan dan kaki, mulut, alat kelamin, dan mata
  • Muncul bintik-bintik atau luka berisi cairan bening atau kekuningan. Bintik-bintik ini akan mengeras lalu kering

Jika kalian mendapati gejala cacar monyet diatas, segera periksakan ke dokter agar bisa dilakukan tes kesehatan. Terutama jika kalian baru kontak dengan penderita cacar monyet atau mengunjungi daerah dengan wabah cacar monyet.

Hingga kini belum ada obat cacar monyet secara khusus, gejala ini biasanya sembuh dengan sendirinya tanpa pengobatan dalam waktu dua sampai empat minggu. Untuk itu penderita perlu diobati untuk meringankan gejala penyakit sebagai berikut ini. Dilansir dari Cleveland Clinic, cara mengobati cacar monyet di antaranya:

  • Upayakan banyak minum air putih selama proses pemulihan
  • Minum obat antibiotik yang diresepkan oleh dokter, tujuannya untuk mencegah infeksi sekunder di kulit
  • Isolasi diri saat terkena cacar monyet. Hindari kontak dengan orang lain sampai semua lesi atau luka lepuh mongering
  • Gunakan kasa atau perban untuk menutup luka lepuh
  • Upayakan untuk memperbanyak istirahat agar proses pemulihan berjalan optimal.
  • Jangan menyentuh atau kontak dengan hewan peliharaan selama proses pemulihan
  • Mandi dengan air hangat yang diberi campuran oatmeal koloid. Campuran ini bisa meredakan gatal dan ruam di kulit

Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang virus cacar monyet dan cara meredakannya, jika kalian terkena cacar monyet segera bawa kedokter agar tidak menjadi terlalu parah. Sekian artikel kali ini semoga dapat menambah pengetahuan Sobat Pio, sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_AFH)

Sumber: https://kompas.com

5 Kebiasaan Tidur yang Ampuh Mengatasi Perut Buncit


Hai, Sobat Pio! Tahukah Kalian, olahraga hingga bermandikan keringat dan diet ketat yang kita lakukan ternyata tidak cukup loh untuk memangkas perut buncit. Perut buncit adalah kondisi penumpukan lemak pada bagian perut. Seperti halnya obesitas pada tubuh, perut buncit timbul karena asupan makanan yang melebihi energi yang diperlukan untuk aktivitas fisik. Apabila Kalian terlalu banyak makan-makanan yang tinggi gula, kolesterol, dan kurang berolahraga, Kalian dapat mengalami penumpukan lemak pada tubuh, termasuk lemak di perut.

Selain olahraga dan diet kita perlu mengerahkan senjata ketiga, yakni tidur. Berdasarkan riset dari Mayo Clinic menunjukkan perpaduan kurang tidur dan makan asal kenyang dapat meningkatkan akumulasi lemak khususnya lemak perut. Dalam riset yang diterbitkan di Journal of the America College of Cardiology ini menemukan, penurunan waktu tidur sebanyak 9 persen sama dengan menambah lemak perut hingga 11 persen. Untuk Kalian yang tidurnya masih asal-asalan, ini dia beberapa kebiasaan tidur yang ampuh untuk mengatasi perut buncit atau menjaga lemak dalam tubuh kita.

1. Temperatur kamar dibuat sejuk

Kebiasaan tidur yang dapat menurunkan berat badan yang pertama adalah mengatur temperatur kamar. Atur temperatur kamar sesejuk mungkin. Tidur yang berkualitas bisa diperoleh dengan lingkungan tidur yang mendukung, termasuk urusan suhu kamar. Tubuh memiliki lemak cokelat (brown fat), lemak jenis ini membuat tubuh mampu menyesuaikan diri dengan lingkungan. Saat suhu dingin, lemak bertindak sebagai untuk menjaga suhu tubuh.

2. Tidur di ruangan gelap

Demi mengempeskan perut buncit, sebaiknya Kalian tidur di kamar yang gelap total. Ruangan gelap akan memicu produksi melatonin atau hormon yang mendorong tidur. Produksi melatonin akan semakin baik saat ruangan dalam kondisi gelap total.

3. Minum teh hijau jelang tidur

Meski mengandung kafein, teh hijau sebenarnya lebih ramah dikonsumsi di waktu mendekati jam tidur daripada kopi. Teh hijau mengandung sejumlah senyawa yang mampu membantu tubuh membakar lemak. Kafein pada teh hijau juga dapat merangsang lemak cokelat di tubuh.

4. Jauhkan diri dari ponsel

Bermain ponsel saat hendak tidur dapat menyebabkan distraksi. Tidur pun jadi terganggu dan kurang berkualitas. Saat kurang tidur, keesokan harinya Kalian bisa makan berlebihan dan tubuh jadi kurang aktif sepanjang hari sebagai dampak kelelahan dan kurang berenergi karena terjaga di malam hari.

5. Tidur lebih awal

Tidur lebih awal juga menjadi kebiasaan yang dapat membantu turunkan berat badan. Perut buncit bakal lebih cepat kempes saat Kalian tidur cukup dan mendalam (deep sleep). Hal ini terjadi karena otak lebih aktif selama fase tidur sehingga perlu banyak energi.

Nah Sobat Pio, itu tadi beberapa cara ampuh untuk mengatasi perut buncit dengan memperbaiki cara tidur. Jangan menunggu sakit baru memulai pola hidup sehat, budayakan hidup sehat untuk mencegah segala penyakit. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_AAN)

Sumber : https://www.cnnindonesia.com

Hepatitis


   Hai, Sobat Pio! Kalian tau nggak sih apa itu penyakit hepatitis? Hepatitis adalah penyakit yang muncul akibat adanya peradangan pada hati atau liver. Ada banyak hal yang bisa menjadi penyebab hepatitis, mulai dari gaya hidup hingga infeksi bakteri. Salah satu gejala yang paling umum ditemui adalah penyakit kuning, yang apabila tidak ditangani bisa menyebabkan gagal hati dan kerusakan hati permanen.

Gejala hepatitis

     Pada beberapa kasus hepatitis, gejala awal bisa saja tidak muncul sampai hati sudah mengalami kerusakan yang parah. Terkadang, gejala awal hepatitis juga bisa diduga sebagai gejala flu biasa, sehingga pengobatan hepatitis yang diberikan jadi tidak tepat. Dilansir dari WebMD, sejumlah gejala umum pada hepatitis adalah kehilangan nafsu makan, pusing, demam ringan, nyeri sendi dan otot, mual dan muntah

Penyebab hepatitis

     Penyebab hepatitis biasanya dikarenakan adanya infeksi pada hati, tapi ada banyak hal lainnya yang bisa jadi penyebab hepatitis. Penyebab lainnya termasuk penyakit autoimun, efek samping dari penggunaan obat, maupun konsumsi alkohol yang berlebihan. Berikut ini beberapa jenis penyakit hepatitis.

Hepatitis A

     Hepatitis A muncul karena adanya infeksi virus hepatitis A. Tipe jenis ini merupakan hepatitis yang sangat menular (melalui makanan dan minuman), dan gejalanya dapat bertahan hingga dua bulan. Hanya saja, dibandingkan seluruh jenis hepatitis, hepatitis A tergolong hepatitis paling ringan dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Hepatitis B

     Hepatitis jenis ini merupakan jenis hepatitis yang paling banyak ditemukan di dunia, disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B. Jenis ini pula yang paling sering menyebabkan penyakit hati kronis. Hepatitis B ditularkan melalui cairan tubuh seperti darah, cairan vagina, dan air mani.

Hepatitis C

     Hampir mirip dengan hepatitis B, hepatitis C juga merupakan jenis hepatitis yang paling banyak ditemukan. Disebabkan oleh infeksi virus hepatitis C, jenis hepatitis ini biasanya berlangsung lama dan menyebar melalui cairan tubuh, seperti darah, cairan vagina, dan air mani.

Pengobatan hepatitis

     Pengobatan hepatitis sangat bervariasi, tergantung pada jenis hepatitis yang diderita dan jenis infeksi (akut atau kronis). Bahkan, beberapa jenis hepatitis seperti hepatitis A dapat sembuh dengan sendirinya. Pengobatan pada hepatitis yang dilakukan biasanya berupa pemberian obat antivirus, atau obat imunosupresan jika hepatitis disebabkan oleh respon autoimun. Berikut ini cara mencegah penularan penyakit hepatitis yang bisa dilakukan.

     Terapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan, tidak berbagi penggunaan barang-barang pribadi, hindari mengonsumsi minuman beralkohol, mengonsumsi air matang dan makanan yang matang sempurna, melakukan vaksin hepatitis.

     Nah, itu dia Sobat Pio penjelasan tentang penyakit Hepatitis, semoga bermanfaat dan sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_AMA)

Sumber : https://jovee.id/

Bahayanya Tidur Dengan Menggunakan Headset


Hai, Sobat Pio! Apakah kalian pernah tertidur dengan menggunakan headset? Mulai sekarang kalian jangan tidur dengan menggunakan headset karena itu sangat berbahaya. Musik yang masih menggema lewat headset saat tidur dapat memberikan efek buruk pada kesehatan telinga. Tidur dengan menggunakan headset bisa membuat telinga kalian mengalami infeksi, dikarenakan tekanan perangkat yang bisa membuat telinga kamu merasa nyeri. Infeksi telinga dapat terjadi karena adanya gesekan dari headset dalam jangka waktu yang cukup lama.

Berikut adalah bahayanya tidur dengan menggunakan headset.

1. Penumpukan kotoran telinga

Penggunaan headset yang terlalu masuk ke dalam dapat menghambat sirkulasi udara di dalam telinga, sehingga membuat kotoran terdorong ke dalam gendang telinga. Dalam jangka panjang, kotoran telinga dapat menumpuk dan sulit untuk dibersihkan.

2. Menyebabkan otitis eksterna

Kondisi medis ini terjadi saat saluran telinga mengalami iritasi. saluran telinga memiliki fungsi yang penting karena menghubungkan telinga luar ke gendang telinga. Otitis eksterna umumnya dialami oleh atlet renang. Namun, tidur menggunakan headset dalam jangka panjang juga dipercaya bisa menyebabkannya.

3. Mencekik leher

Menggunakan headset dengan kabel yang panjang dikhawatirkan dapat membuat leher kalian tercekik. Sebab, saat tubuh kalian bergerak ketika tidur, kabel dari headset juga bisa ikut bergerak dan berpotensi mencekik leher.

4. Mengakibatkan gangguan pendengaran

Salah satu akibat tidur memakai headset dalam jangka panjang adalah gangguan pendengaran, terutama jika volumenya terlalu besar dan durasinya lama. Hal tersebut juga dipercaya dapat menyebabkan gangguan pendengaran permanen.

5. Telat bangun saat waktu darurat

Selain dipercaya bisa merugikan kesehatan, bahaya menggunakan headset saat tidur dianggap mampu merugikan kehidupan sehari-hari kalian. Misalnya, saat kalian menyalakan alarm untuk terbangun di pagi hari, telinga kalian masih tertutup oleh headset dengan musik yang terlalu keras. Situasi ini berpotensi dapat membuat kalian terlambat bangun saat waktu darurat, seperti telat masuk ke kantor atau sekolah.

Jadi gimana nih Sobat Pio! Apakah kalian masih mau tidur dengan menggunakan headset? Memang benar tidur dengan menggunakan headset bisa membuat kita rileks, akan tetapi itu sangat berbahaya bagi telinga kita jika terus menerus tidur dengan menggunakan headset. Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang bahayanya tidur dengan menggunakan headset, semoga bermanfaat dan dapat menambah wawasan kalian. Sampai bertemu di edisi selanjutnya. (RED_ANS)

Sumber : https://www.sehatq.com

 

Tidur dengan Kipas Angin Menyala Bisa Berbahaya bagi Kesehatan


Hai, Sobat Pio! Apakah kalian tahu udara yang panas di malam hari membuat banyak orang tidur dengan menyalakan kipas angin semalaman. Hal itu dilakukan agar tidur menjadi lebih nyaman. Beberapa orang tidak bisa tidur tanpa kipas angin meski cuaca tengah sejuk sekalipun. Meskipun bagi sebagian orang hal tersebut adalah sebuah kenyamanan, namun ternyata hal tersebut tidak baik bagi kesehatan.

Dilansir dari life hack, ada 5 dampak buruk jika tidur menggunakan kipas angin semalaman.

1. Alergi debu

Tanpa disadari keberadaan kipas angin tidak ada pergantian udara, sehingga membuat kita menghirup kembali sisa pernapasan sendiri. Saat kamar tidak dapat menyaring udara dengan baik, kipas angin berpotensi menyebarkan bakteri, kuman, bahkan virus lewat udara. Jika menggunakan kipas angin di saat tidur maka tidak dianjurkan penggunaannya setiap hari. Kipas angin yang terus-terusan menyala, dapat menyedot debu di ruangan dan mengakibatkan debu-debu tersebut ke kita. Hal ini akan membuat tenggorokan terasa sakit, batuk-batuk hingga terserang asma karena alergi debu.

2. Bellpalsy

Ketika kalian gerah dan menyalakan kipas angin sampai tertidur, maka akan mengakibatkan dampak buruk seperti sindrom bellpalsy, penyakit ini sebuah kelumpuhan yang menyerang wajah pada seseorang. Kondisi ini bisa terjadi karena wajah selalu terpapar suhu dingin dari angin. Ketika terkena penyakit ini, wajah akan terasa tegang terus dan sulit senyum atau berekspresi.

3. Hipertermia

Berlama-lama menggunakan kipas angin di malam hari bisa mengakibatkan hipertermia. Kondisi hipertermia adalah ketika suhu tubuh berada di atas normal (36°C) dan terus berada di tingkatan yang lebih saat tubuh tidak mampu menahan suhu panas. Maka dari itu, ketika cuaca sangat panas sebaiknya tidak menyalakan kipas angin di dalam ruangan tanpa adanya ventilasi udara. Buka semua jendela saat menyalakan kipas angin, ketika jendela terbuka tubuh akan merespon dengan mengeluarkan keringat. Tetapi jika suhu ruangan lebih panas dibandingkan suhu tubuh, maka dapat meningkatkan tekanan panas pada tubuh atau terjadi hipertermia.

4. Kekurangan oksigen

Tidur menggunakan kipas angin memang terasa sejuk, tapi kipas yang terus berputar kencang dapat membuat paru-paru tidak mendapatkan pasokan oksigen yang cukup. Keluarnya udara dingin dari kipas angin tersebut akan mengenai hidung maupun mulut. Hal ini bisa memperparah kondisi, sehingga kekurangan oksigen dan jadi sulit bernapas.

5. Kekurangan cairan dalam tubuh

Ketika semalaman selalu menggunakan kipas angin, maka bisa menurunkan kualitas tidur. Saat tertidur lelap dengan kesejukan dari kipas angin, ternyata udara dingin di ruangan dapat menyerap air dalam tubuh. Hal ini membuat tubuh terasa lemah, padahal tubuh sangat membutuhkan cairan. Saat tubuh kekurangan cairan, organ tubuh maupun kulit menjadi tidak dapat berfungsi dengan baik. Apabila tubuh mengalami kekeringan, maka kelembaban tubuh akan menurun dan kamu pun juga merasa kehausan di tengah malam.

Jadi gimana nih, Sobat Pio masih mau tidur dengan menyalakan kipas angin semalaman? Sebenarnya boleh ya Sobat Pio, tapi kita tidak dianjurkan menggunakannya setiap hari. Nah, itu tadi sedikit penjelasan tentang tidur dengan kipas angin menyala bisa berbahaya bagi kesehatan. (RED_SNH)

Sumber : https://health-detik-com

 

 

 

Apakah Aku Punya Strectch Mark


Hai, Sobat Pio! Gimana kabar Sobat Pio? Semoga baik ya. Sobat Pio, aku mau tanya dong, apakah Sobat Pio tau apa itu Stretchmark? Jadi, stretchmark merupakan guratan berbentuk garis-garis halus dari jaringan parut yang terbentuk di permukaan kulit. Stretchmark dapat terjadi ketika kulit tertarik oleh pertumbuhan jaringan dengan cepat. Memang benar kulit umumnya memang elastis, namun saat meregang dengan intens, produksi protein yang membentuk jaringan ikat di kulit bernama kolagen bisa ikut terganggu. Proses ini membuat kulit membentuk jaringan yang mirip dengan bekas luka.

Bagi Sobat Pio yang masih remaja, kalian bisa tenang karena stretchmark sangat umum dalam masa pubertas. FYI aja nih Sobat Pio, ada beberapa orang yang lebih rentan memiliki stretchmark contohnya, perempuan, anggota keluarga yang memiliki stretchmark, kelebihan berat badan, berat badan baru turun secara drastis, dan ibu hamil. Nah, setelah tau apa itu Stretchmark, dan juga subjek yang bisa memiliki stretchmark, lanjut ke penyebab stretchmark pada remaja yuk?

Stretchmark merupakan bagian normal dari pubertas yang dialami remaja. Selama pubertas, tubuh remaja umumnya tumbuh sangat cepat. Beberapa remaja yang mengalami obesitas dan sedang berusaha membentuk tubuh dengan olahraga angkat bebas juga bisa rentan memiliki stretchmark. Stretchmark bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tapi jika kalian merasa tidak nyaman dengan kehadiran stretchmark tersebut, kalian bisa melakukan beberapa cara untuk menghilangkannya, yaitu:

1. Penggunaan krim, lotion, dan gel retinoid.

2. Terapi Laser

3. Penggunaan mikrodermabrasi

4. Menggunakan frekuensi radio non ablatif

5. Menggunakan ultrasonik fokus mikro

Nah, itulah pengertian, penyebab, dan beberapa cara untuk mengatasi stretchmark pada remaja, apakah Sobat Pio tertarik mencoba salah satunya? Atau mungkin mencoba semua terapi yang sudah kita sarankan? Sebelumnya, jangan lupa konsultasi kepada dokter. Semoga atrikel ini bermanfaat, stay healthy Sobat Pio! (RED_VIO)

Sumber: https://pyfahealth.com

Hari Gizi Nasional 2022


Hai, Sobat Pio! Gimana nih kabarnya? Apakah selama pandemi ini kalian merasakan perbedaan antara pola hidup ataupun pola makan? Well, kita sebagai makhluk hidup bisa beradaptasi dengan keadaan karena adanya perubahan, dan secara lambat laun kita akan terbiasa. Membahas soal keadaan dan pola makan, apakah kalian tau mengenai Hari Gizi Nasional? Pada tanggal 25 Januari 2022 kemarin, pemerintah memperingati Hari Gizi Nasional yang ke-62 tahun dengan tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”. Sebelum itu, kita akan memberikan sedikit uraian mengenai Hari Gizi Nasional.

Sobat Pio tau gak sih, asal mula adanya peringatan Hari Gizi Nasional? Dikutip dari situs https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/ keberadaan hari gizi dimulai sejak adanya upaya perbaikan gizi nasional yaitu pada tahun 1950, ketika Menteri Kesehatan Dokter J Leimena Bapak Gizi Indonesia mengangkat Prof. Poorwo Soedarmo sebagai kepala Lembaga Makanan Rakyat (LMR) yang waktu itu lebih dikenal sebagai Instituut Voor Volksvoeding (IVV) yang merupakan bagian dari Lembaga Penelitian Kesehatan dan dikenal sebagai Lembaga Eijckman. Adanya Hari Gizi Nasional ini adalah untuk memperingati dimulainya pengkaderan tenaga gizi Indonesia dengan berdirinya sekolah juru penerang makanan pada tanggal 25 Januari tahun 1951. Sejak saat itu pendidikan tenaga gizi terus berkembang pesat di berbagai perguruan tinggi di Indonesia. Kemudian disepakati bahwa tanggal 25 Januari di peringati sebagai Hari Gizi Nasional Indonesia. Hari Gizi Nasional pertama kali diadakan oleh Lembaga Makanan Rakyat (LMR) pada pertengahan tahun 1960-an, kemudian dilanjutkan oleh Direktorat Gizi Masyarakat sejak tahun 1970-an hingga sekarang.

Peringatan Hari Gizi Nasional merupakan momentum penting yang harusnya tidak kita sepelekan, dengan adanya momentum ini, kita bisa menumbuhkan kepedulian warga Indonesia dan adanya kesadaran mengenai pentingnya kecukupan gizi untuk menunjang pertumbuhan kita sebagai manusia. Oleh karena itu, Hari Gizi Nasional tahun ini mengangkat tema “Aksi Bersama Cegah Stunting dan Obesitas”. Tujuan diadakannya kegiatan ini ditengah pandemi yaitu untuk meningkatkan komitmen, mempererat kerja sama seluruh elemen bangsa serta meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat melalui perbaikan gizi masyarakat.

Peringatan Hari Gizi Nasional ke-62 memiliki tujuan, yakni:

Menyebarluaskan informasi dan promosi kepada masyarakat tentang pentingnya pelayanan gizi spesifik dan sensitif untuk pencegahan masalah gizi ganda.

Meningkatkan peran media massa dalam kampanye pencegahan masalah gizi ganda sebagai salah satu upaya peningkatan kualitas kesehatan masyarakat.

Meningkatkan komitmen dan kerja sama antara pemerintah baik sektor kesehatan maupun non kesehatan di tingkat pusat, provinsi, kabupaten/kota, serta swasta dalam kesehatan dan gizi.

Nah, kini Sobat Pio sudah mengetahui sejarah hingga tujuan diperingatinya Hari Gizi Nasional. Apakah Sobat Pio sudah memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh? Jangan sampai terlewat ya Sobat Pio! Sekian artikel kali ini, stay hydrated and stay healthy Sobat Pio. Sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_VIO)

Sumber: https://www.kompas.com

Bahaya Makan Mie Instan


Hai, Sobat Pio! Bagaimana kabar kalian? Lebih baik bukan? Pasti terasa fresh setelah kita melewati tiga level PPKM. Tidak sedikit dari kalian yang sering mengonsumsi mie instan selama masa PPKM, bukan? Mie instan selalu bisa menjadi pilihan alternatif bagi milenial yang tidak mau ribet. Akan tetapi, apakah kalian tahu dampak jangka panjang dari konsumsi mie instan yang terlalu sering? Bahaya mie instan jika dimakan terlalu sering terkait dengan banyaknya proses kimia dan penambahan bahan lain yang tidak baik untuk kesehatan. Apa saja sih dampak konsumsi mie instan yang terlalu sering? Cek di bawah yuk!

– Menghambat Nutrisi

Mie instan dapat menghambat penyerapan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Hal ini sangat disarankan untuk anak-anak agar tidak mengonsumsi mie instan karena tidak baik untuk pertumbuhan anak.

– Obesitas

Bahaya dari mengonsumsi mie instan adalah obesitas. Mie instan memang dapat memberikan efek mengenyangkan, namun juga cepat membuat kalian merasa lapar dan kemungkinan besar kita akan banyak megonsumsi snack setelah makan mie. Hal ini yang membuat kelebihan kalori dan karbohidrat sehingga dapat memicu obesitas.

– Gangguan Ginjal

Mie instan diketahui memiliki kandungan garam yang sangat tinggi. Kandungan garam yang tinggi tersebut mampu mengganggu fungsi ginjal. Terganggunya fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan natrium dan cairan di dalam tubuh. Hal ini memicu terjadinya pembengkakan pada kaki serta penumpukan cairan di sekitar jantung dan paru-paru.

– Penyakit Jantung

Mie instan juga menggunakan MSG (Monosodium Glutamat) untuk meningkatkan rasa menjadi lebih gurih. Kandungan MSG dan natrium yang tinggi di dalam mie instan tidak hanya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, tetapi juga memicu berbagai gangguan pada jantung.

Nah, setelah tahu fakta-fakta menakutkan mengenai dampak jangka panjang dari mengonsumsi mie instan yang berlebihan, apakah kalian akan mengurangi makan mie instan atau tetep “terabas aja” nih? Ada cara untuk membantu mengurangi dampak buruk dari mie instan ini, di samping membatasi konsumsi mie instan kita, salah satunya adalah menambahkan bahan-bahan yang mengandung gizi-gizi yang mampu menyeimbangkan kebutuhan asupan nutrisi kita, contohnya telur, ayam, jamur, wortel, kacang-kacangan, kubis, dan bahan-bahan alami lainnya. Kemudian, coba untuk mengurangi keseluruhan bumbu yang digunakan dalam mie. Jika Sobat pio merupakan seorang yang suka mengonsumsi mie instan, ada baiknya mulai mengurangi kadar konsumsi mie Instan dan mengubah pola makan kalian menjadi lebih sehat. Demikian penjelasan mengenai beberapa dampak buruk yang akan terjadi jika mengonsumsi mie instan terlalu sering dalam jangka panjang. Semoga Sobat Pio sehat selalu, sampai jumpa di edisi selanjutnya. (RED_VIO)

Sumber: https://hellosehat.com