ONIGIRI = LEMPER?

Desain Tanpa Judul 20240821 195424 0000

Hai, Sobat Pio! Kalian pasti sudah tidak asing dengan jajanan pasar yang berasal dari Indonesia yang Bernama lemper. Lemper sendiri yakni jajanan tradisional yang berasal dari Daerah Istimewa Yogyakarta. Informasi tersebut terdapat pada Serat Centini yang diterbitkan pada abad ke 18. Lemper sendiri dahulu hanya dijumpai pada acara seperti hajatan ataupun resepsi pernikahan. Tetapi sekarang lemper banyak ditemukan pada pedagang pinggir jalan ataupu pada pasar. Lemper sendiri berbentuk layaknya lontong tapi ukurannya lebih kecil. Ukuran lemper yakni seperti genggaman tangan dan terbuat dari beras ketan yang dimasak dengan santan lalu diisi dengan suwiran ayam. Dan lemper biasanya dibungkus dengan daun pisang.

Lemper juga seringkali disamakan dengan makanan Jepang yang Bernama onigiri. Onigiri sendiri adalah makanan Jepang yang terbuat dari nasi yang biasanya berisi ikan salmon ataupun ayam. Onigiri sendiri kebanyakan berbentuk segitiga, tetapi ada juga onigiri yang berbentuk bola ataupun dibentuk layaknya kantong beras. Tetapi onigiri paling banyak ditemukan dengan bentuk segitiga. Ukuran rata-rata onigiri yakni sebesar genggaman tangan dan tidak jauh dari lemper. Onigiri sendiri biasanya dibuat dengan nasi dan dibungkus dengan nori atau rumput laut. Sejarah onigiri tercatat pada buku harian Murasaki Shikibu Nikki pada abad ke 11. Pada buku itu tertulis bahwa orang orang memakan tonjiki atau bola bola nasi. Tonjiki sendiri adalah nama lain dari onigiri. Kalangan wanita istana juga memiliki sebutan lain untuk onigiri yakni omusubi.

Lemper sendiri kerap kali disebut dengan onigirinya orang Indonesia. Bukan tanpa alasan ataupun sebab, melainkan banyak kecocokan yang sama antara dua makanan tersebut. Persamaan pertama yakni sama sama menggunakan beras sebagai bahan utama. Kesamaan lain terletak pada mereka yang sama sama menggunakan isi. Ukuran dari mereka juga sebenarnya tidak teralu berbeda. Dan persamaan terakhir yakni sama sama dibungkus dengan lembaran hijau.

Jika ada persamaan maka ada pula perbedaan. Perbedaan yang paling jelas antara mereka yakni wilayah asalnya. Onigiri berasal dari Jepang sedangkan lemper berasal dari Indonesia. Perbedaan lain juga terletak pada beras. Beras yang digunakan pada lemper adalah beras ketan sedangkan pada onigiri adalah beras yang biasa digunakan untuk nasi. Isian pada kedua makanan tersebut juga berbeda. Lemper hanya terpacu pada isian ayam suwir atau abon sedangkan onigiri bisa berisi banyak jenis seperti ikan salmon, ayam, dan lain lain. Dan perbedaan terakhir ialah pada lembaran yang membungkusnya. Lemper menggunakan daun pisang yang tidak bisa dimakan sedangkan onigiri menggunakan rumput laut atau biasa disebut nori yang bisa dimakan. (RED_RAY)

Sumber : http://Wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *