Hujan Bulan Juni

Nonton Film Indonesia Hujan Bulan Juni Viu

Hai, Sobat Pio! Kalian udah pernah baca atau dengar cerita ini belum? Kalau belum yuk baca ceritanya seru loh. Ada seorang dosen perempuan yang masih muda berasal dari Indonesia dan berkesempatan belajar di Universitas Sastra di Jepang, dosen muda tersebut bernama Pingkan (Velove Vexia). Seorang laki-laki yang bernama Sarwono atau Adipati Dolken bersedih karena harus ditinggal Pingkan selama dua tahun. Pada suatu hari, Sarwono ditugaskan oleh atasannya ke Universitas Sam Ratulangi, Manado. Sarwono membawa Pingkan sebagai guidenya selama di Manado. Disana Pingkan bertemu keluarga besar dari almarhum ayahnya. Setelah sampai di Manado mereka berdua sempat jalan- jalan dan keliling desa bersama keluarga dari Pingkan.

Pingkan mulai dipojokkan dengan pertanyaan terkait hubungannya dengan Sarwono. Bukan masalah perbedaan yang di mata mereka sangat besar dan bukan mereka tidak menyadari juga, akan tetapi mereka sudah nyaman di dalam ruangan kedap suara selama bertahun tahun, yang mereka sebut dengan cinta atau kasih sayang. Apakah ini menjadi jalan perpisahan mereka? Selain perlu menyelesaikan masalah di depan keluarga Pingkan, mereka juga harus bertahan selama dua tahun yang berbeda negara. Mereka berdua harus selalu saling menjaga perasaan meski berbeda negara. Sarwono takut jika Pingkan memiliki perasaan kepada orang jepang atau mahasiswa yang ada disana. Tetapi Pingkan yakin bahwa dia akan tetap selalu cinta kepada Sarwono.

Kita bisa mengambil pelajaran dari cerita ini, bahwasanya jika dua insan berkomitmen dan saling melengkapi mereka tidak akan pernah berpisah meskipn berbeda negara. Dua insan tersebut akan saling menjaga hati pasangannya. Seperti puisi Hujan Bulan Juni.

Hujan Bulan Juni

Tak ada yang lebih tabah

Dari hujan bulan juni

Dirahasiakannya rintik rindunya

Kepada pohon berbunga itu

Tak ada yang lebih bijak

Dari hujan bulan juni

Dihapusnya jejak-jejak kakinya

Yang ragu-ragu di jalan itu

Tak ada yang lebih arif

Dari hujan bulan juni

Dibiarkannya yang tak terucapkan

Diserap akar pohon bunga itu

(1989)

– Sapardi Djoko Damono (RED_FWD)

Sumber : https://id.wikipedia.org https://tirto.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *