Jenang Sengkolo

0d088946 485a 4fc6 8005 6a82ff125953

ㅤHai, Sobat Pio! Kalian pasti tidak asing lagi dengan makanan ini. Makanan ini biasanya ada saat acara perayaan Tahun baru islam, acara tujuh bulanan, selamatan bayi baru lahir, dan masih banyak lagi. Jenang Sengkolo sering disebut dengan “ jenang merah atau jenang putih”. Tepat pada tanngal 7 Juli 2024 adalah hari pergantian tahun baru islam dalam kalender jawa yang ditandai dengan satu Suro atau 1 Muharam. Biasanya sebagian masnyarat menyiapkan perlengkapan tradisi daerah masing-masing. Kehadiran Jenang Sengkolo dalam tradisi malam satu Suro bukanlah tanpa alasan. Hal tersebut dikarenakan Jenang Sengkolo memiliki filosofi yang tersendiri dan masih dipercayai oleh masyarakat Jawa. Jenang Sengkolo merupakan salah satu jenis bubur yang dibuat dengan bahan beras dan santan

ㅤGimana sih filosofi Jenang Sengkolo? Filosofi Jenang Sengkolo diambil dari bahasa Jawa yang bertuliskan “ngilango barang seng olo”, jika diterjemahkan dalam bahasa Indonesia yaitu “menghilangkan sesuatu yang jelek atau buruk”. Sengkolo diambil dari kata “murwakala” yang bermakna menghilangkan bala atau musibah. Secara umum, filosofi Jenang Sengkolo dapat memberi makna sebuah upaya masyarakat untuk menghindari bencana alam atau kejadian buruk yang dapat terjadi di wilayah maupun keluarga. Jenang Sengkolo mempunyai dua warna, yaitu merah dan putih. Dua warna tersebut memiliki filosofi yaitu, merah dilambangkan sebagai Hawa sedangkan putih dilambangkan sebagai Adam. Hal tersebut menjadi simbol bahwa manusia adalah keturunan dari Adam dan Hawa. Jenang Sengkolo biasanya di sebagian wilayah Jawa akan diletakkan disebuah wadah daun pisag dan diletakkan di persimpangan jalan raya.

ㅤSelain digunakan adalam acara satu Suro, Jenang Sengkolo juga digunakan saat acara kelahiran. Didalam acara kelahiran Jenang Sengkolo juga memiliki makna yang tersendiri. Maknanya untuk melindungi seseorang dan bahaya dalam hidupnya. Jenang Sengkolo memiliki penyajian yang unik juga memiliki makna. Penyajian yang menggunakan takaran setengah jenaang merah dan setengah jenang putih memiliki makna sebagai bentuk terimakasih kita kepada bumi yang telah menyediakan sandang pangan, tempat tinggal, dan makanan. (RED_FWD)

Sumber : https://www.detik.com

ㅤㅤㅤㅤhttps://getradius.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *