PEMILU OSIS dan MPK

IMG 20220921 WA0008

Hai, Sobat Pio! Kalian pasti tahu kan apa itu pemilu? Pemilu merupakan singkatan dari pemilihan umum, untuk mencari pemimpin yang dilakukan di ruang terbuka, dengan mempertimbangkan perhitungan suara, dan disaksikan oleh semua orang. Seorang pemimpin harus memiliki pemikiran yang luas, berpikir kritis, bijaksana, dan harus bisa memimpin sebuah organisasi serta menjadikannya sebagai sebuah organisasi yang lebih luar biasa lagi. Pada bulan ini SMKN 2 Kediri mengadakan kegiatan pemilu yang merupakan kegiatan tahunan untuk mencari pemimpin (ketua dan wakil ketua) dari OSIS dan MPK 2022/2023. Dari masing-masing organisasi OSIS dan MPK terdapat 3 Paslon, tetapi untuk babak selanjutnya hanya dipilih menjadi 2 Paslon.
Paslon 1 MPK : Cristian Wida P, XI-ULP 1 (Calon Ketua MPK)
Alya Marsyasasi, XI-AKL 2 (Calon Wakil Ketua MPK)
Paslon 2 MPK : Early Desti M, XI-AKL 1 (Calon Ketua MPK)
Sintia Nursani M, XI-AKL 5 (Calon Wakil Ketua MPK)
Paslon 1 OSIS : Intan Putri L, XI-AKL 4 (Calon Ketua OSIS)
Rizka Azzahra, XI-AKL 3 (Calon Wakil Ketua OSIS)
Paslon 2 OSIS : Amelia Fransiska L, XI-MM 2 (Calon Ketua OSIS)
Fani Ainun N, XI-OTKP 1 (Calon Wakil Ketua OSIS
Kegiatan ini dilakukan secara bertahap, yang pertama yaitu debat wawancara dilaksanakan pada Jumat, 16 September 2022. Debat kandidat dilakukan untuk melatih wawancara, wawasan, cara berpikir kritis, cepat tanggap, sikap, dan cara untuk mengutarakan pendapat. Tahap ini termasuk tahap penyisihan, semula terdapat 3 paslon menjadi 2 paslon saja. Tahap kedua terdapat orasi yang dilaksanakan pada Senin, 19 September 2022. Tahap kedua ini dilakukan untuk menyampaikan visi misi, program kerja unggulan, dan melatih public speaking. Tahap ketiga terdapat pencoblosan yang dilaksanakan pada Rabu, 21 September 2022. Dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana hasil dari pemilu dan melatih cara berdemokrasi untuk siswa SMKN 2 Kediri khususnya kelas 11 dan 10.
Pihak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini adalah seluruh siswa kelas 10 dan 11, sementara kelas 12 tidak termasuk, karena masih menjalani PKL. Terdapat pula perwakilan ekstrakurikuler berbasis organisasi yang berperan sebagai saksi penghitungan suara. Kegiatan pemilu berjalan dengan sukses walaupun masih terdapat sedikit kendala. Harapan kita semua untuk kandidat yang nantinya akan terpilih, semoga bisa menjadi pemimpin yang baik dan menjadikan SMKN 2 Kediri lebih baik lagi dan untuk kandidat yang belum terpilih jangan berkecil hati serta tetap memberikan yang terbaik untuk organisasi masing-masing. (RED_RAM&NVI)
Narasumber: Bapak Hasan Kanuni
Vadila Nisa Ulva (Ketua MPK)
Nia Agustina (Sie Giat)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *