Hukum Meninggalkan Sholat

523f706aebcce6a1476d8e2107d58699

Hai, Sobat Pio! Allah SWT selalu mengingatkan kepada kita tentang besarnya pahala dan janji kenikmatan surga yang akan diberikan kepada umat Islam yang konsisten melaksanakan shalat. Di sisi lain, Allah SWT juga memberikan peringatan yang sangat tegas bagi mereka yang meninggalkan shalat. Shalat lima waktu adalah kewajiban bagi setiap muslim dan meninggalkannya tanpa uzur yang jelas akan mendapatkan dosa. Bagi seorang muslim yang meninggalkan shalat lima waktu dengan sengaja mereka akan mendapatkan dosa yang paling besar dan dosanya lebih besar daripada dosa membunuh, merampas harta orang lain, mencuri, berzina, dan minum minuman keras. Sesungguhnya awal sesuatu yang diperhitungkan dari amal seorang hamba di hari kiamat adalah shalatnya. Jika shalatnya baik maka dia beruntung dan selamat, sedangkan jika shalatnya rusak maka dia merugi. Orang yang sengaja meninggalkan shalat maka nerakalah tempatnya, sedangkan satu hari di neraka sama dengan 1000 hari di dunia.

Dalam sebuah hadist, Rasulullah SAW bersabda: “Shalat adalah tiang agama, maka siapa yang mendirikan shalat, berarti ia menegakkan sendi-sendi agama, dan siapa yang meninggalkan shalat, berarti ia telah meruntuhkan sendi-sendi agama. Maka tegakkan tiang-tiang agama itu, agar kita tidak termasuk sebagai orang yang meruntuhkan agama”. Orang yang mengingkari kewajiban shalat berarti ia mendustakan Allah SWT dan Rasul-Nya serta ijma’ ahlul ilmi wal iman, maka kekufurannya lebih besar dari pada yang meninggalkannya karena meremehkan. Sementara orang yang meninggalkan shalat karena malas, namun ia tetap meyakini akan kewajiban shalat, maka hakim wajib menyuruhnya untuk mengqada shalat dan bertaubat. Jika ia tetap enggan, maka ia layak mendapatkan hukuman berat namun statusnya masih tetap muslim. 

Siksa di Dunia Orang yang Meninggalkan Shalat :

  1. Allah SWT mengurangi keberkatan umurnya.
  2. Allah SWT akan mempersulit rezekinya.
  3. Allah SWT akan menghilangkan tanda/cahaya shaleh dari raut wajahnya.
  4. Orang yang meninggalkan shalat tidak mempunyai tempat di dalam islam.
  5. Amal kebaikan yang pernah dilakukannya tidak mendapatkan pahala dari Allah SWT.
  6. Allah tidak akan mengabulkan doanya bagi orang yang meninggalkan shalat. Inilah sedikit keterangan mengenai kedudukan shalat yang sangat agung di dalam agama Islam, dan bahaya meninggalkannya. Semoga Allâh Subhanahu wa Ta’ala selalu menolong kita untuk melaksanakan shalat dengan sebaik-baiknya. (RED_NVI&RED_IFI)

Sumber: http://https//detik.com http://almanhaj.or.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *