Maulid Nabi Muhammad SAW 1446 H

IMG 20240924 WA0002 Scaled

Hai, Sobat Pio! Maulid Nabi merupakan peringatan hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang kemudian dirayakan oleh umat Islam, dan untuk mengekspresikan kegembiraan dan penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW ketika lahir ke dunia yang jatuh pada tanggal 12 Rabiul Awal dalam kalender Hijriyah. Pada hari ini Senin, 23 September 2024 SMKN 2 Kota Kediri melaksanakan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Untuk kegiatan ini mengusung sebuah tema “MESIR” Meneladani Sifat Santun Rasulullah di Era Modern. Dipilihnya tema tersebut karena untuk memberikan contoh kepada siswa-siswi SMKN 2 Kota Kediri dalam meneladani sifat-sifat santun Rasulullah SAW di zaman yang serba digital ini. Tujuan diadakannya Maulid Nabi adalah untuk memperingati hari kelahiran Nabi Muhammad dan untuk menyebarkan nilai-nilai keagamaan bagi siswa-siswi SMKN 2 Kediri dalam meneladani perilaku yang baik, adab, dan sopan santun. Acara ini dilaksanakan di Aula sekolah yang diikuti oleh siswa-siswi kelas 10 dan bapak/ibu guru yang tidak mengajar di kelas.

Dengan memperingati Maulid Nabi, kita dapat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, meneladani akhlak Rasulullah, dan menjadi pribadi yang lebih baik. Adapun pelajaran yang dapat kita ambil dari kehidupan Nabi Muhammad yaitu, menjadi seseorang yang penyayang, adil, menepati janji dan amanat, saling memaafkan, dan tidak suka berlebih-lebihan. Hal tersebut menjadikan seseorang merasa lebih tenang dan tidak takut hal-hal duniawi, karena percaya akan pertolongan dari Allah.

Acara ini diselenggarakan oleh pihak sekolah yang dibantu oleh ekstra lain seperti DJM atau Dewan Jamaah Masjid, Kiloe Journalist, OSIS, Pramuka, dan Pasgarda. untuk menyiapkan acara ini membutuhkan waktu 2 – 3 minggu. Adapun rangkaian-rangkaian acara Maulid Nabi yaitu sebagai berikut:

  1. Pembukaan
  2. Sambutan
  3. Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an
  4. Mauidhoh Hasanah
  5. Sesi tanya jawab
  6. SholawatPenutup

Setelah semua rangkaian acara selesai dilanjutkan dengan penutupan yaitu doa bersama yang dipimpin oleh guru pemateri. Untuk kegiatan pada acara hari ini cukup lancar dan lebih menarik, karena guru pemateri bisa membuat siswa-siswi kelas 10 lebih bersemangat dan antusias untuk mengikuti acara ini hingga selesai. Dan semoga acara kedepannya lebih baik lagi, tidak ada kendala maupun masalah untuk acara ini di tahun yang akan datang. (RED_NVI&RED_IFI)

Narasumber:

-Gus Ahmad kafabihi Mahrus (dari Lirboyo)
-Rahmatika Aghni Fauziah (XI AK 4)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *