ISTIGHFAR

Orang Bertaubat

Hai, Sobat Pio! Salah seorang dari kalian atau mungkin banyak dari kalian merasa memiliki banyak dosa. Entah itu dosa dari masa lampau atau dosa yang kalian perbuat. Kalian menjadi lebih sering merenung tentang akhirat. Tetapi, sebuah dosa tentu dapat terampuni. Salah satu caranya ialah dengan mengucapkan kalimat istigfar.

Istighfar adalah suatu kalimat yang dapat menggugurkan hampir seluruh dosa. Mulai dari dosa kecil seperti menyia nyiakan makanan hingga dosa besar seperti zina. Asal kita mengucapkannya dengan menyesali dosa masa lalu kita insya Allah, Allah akan mengampuninya. Adapun dosa yang tidak bisa terampunkan dengan menggunakan istighfar. Dosa-dosa tersebut adalah dosa yang berhubungan dengan manusia. Berbeda dengan dosa yang hanya berhubungan dengan Allah, dosa ini melibatkan manusia lain sebagai pihak ketiga. Contoh dari dosa yang berhubungan dengan manusia adalah fitnah. Cara untuk menghapus dosa seperti ini yakni dengan 2 langkah. Langkah pertama ialah meminta maaf pada pihak yang bersangkutan. Jika sudah mendapatkan maaf dari yang bersangkutan barulah kita bertaubat kepada Allah.

Istighfar juga bermacam macam. Istighfar yang paling pendek ialah Astaghfirullah. Adapun istighfar yang lebih lengkap yakni Astaghfirullah hal adzim waatubu ilaih. Dan ada yang lebih panjang dan dijuluki rajanya istigfar ialah sayyidul istigfar.

Adapun doa dari para nabi terdahulu yang menurut saya ialah sebagai istighfar. Sebagai contoh doa nabi Adam alaihi salam yang berbunyi Rabbana dzolamna anfusanaa wa ilam taghfirlana wa tarhamnaa lanakuunanna minal khoosirin, ada lagi doa nabi Yunus alaihi salam yang berbunyi La ilaha illa anta subhanaka inni kuntu minazdholimin, dan doa nabi Musa berbunyi Rabbisyrah lii shodrii wa yassir lii amri wahlul uqdatan min lissani yafqohuu qouli.

Intinya, istigfar sangat penting dalam penghapusan dosa. Tetapi, maaf dari manusia juga sangatlah penting. Jika manusia mendzolimi orang lain lalu ia bertaubat kepada Allah tanpa mendapatkan dari ampunan manusia yang bersangkutan, maka ampunan Allah juga akan terhalang dikarenakan urusan tersebut. Maka dari itu diperlukanlah hubungan yang baik sesama manusia untuk menghindari dosa tersebut. (RED_RAY)

Sumber : http://Wikipedia.org

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *