Jus Apel Berlebihan Bahaya Untuk Kesehatan?

3 Power Packed Milkshakes To Boost Recovery

Hai, Sobat Pio! Apel merupakan salah satu buah yang disukai banyak orang. Apel merah memiliki daging berwarna putih dengan rasa manis. Sedangkan apel hijau memiliki daging berwarna putih dengan rasa sedikit asam. Kalian bisa mengonsumsi apel saja atau dalam bentuk jus apel. Jika kalian menyukai jus apel, sebaiknya jangan berlebihan mengonsumsinya, karena itu bisa berbahaya untuk kesehatan loh Sobat Pio!

Berikut penjelasannya, seperti dikutip laman Livestrong.

1. Jus apel menyebabkan diare
Gula alami dalam makanan bisa melonggarkan tinja dan menyebabkan diare jika terlalu banyak dikonsumsi. Salah satu gula utama yang menghasilkan masalah adalah fruktosa, yang ada dalam jus apel. Faktanya, tiga dari empat orang yang mengonsumsi lebih dari 40 hingga 80 gram fruktosa per hari akan mengalami diare. Jus mentah atau sari buah apel yang belum dipasteurisasi bisa membawa bakteri penyebab keracunan makanan. Penyakit bawaan makanan tersebut bisa bermanifestasi dalam diare, sakit perut, muntah dan demam. Sistem kekebalan tubuh sebagian besar melindungi mereka dari sakit ketika terkena patogen ini, tetapi orang dengan kekebalan yang terganggu berisiko.

2. Jus apel menyebabkan gas
Selain menyebabkan diare, minum terlalu banyak jus apel bisa menghasilkan gas. Gas bisa bermanifestasi sebagai perut kembung atau bersendawa. Karena kekurangan atau tidak adanya enzim yang dibutuhkan untuk mencerna gula dalam makanan seperti apel, karbohidrat tidak sepenuhnya diserap, efek yang dapat menghasilkan gas. Apel memiliki kandungan oligosakarida, disakarida, monosakarida, dan poliol (FODMAPs) yang bisa difermentasi tinggi dan merupakan komponen makanan yang menyebabkan masalah pencernaan.

3. Jus apel dan gula darah
West Texas A&M University menjelaskan bahwa segala jenis jus, termasuk jus apel, bisa memiliki efek buruk pada gula darah. Saat Anda makan apel utuh, serat dalam daging buah dan kulitnya mengikat gula alami buah saat melewati saluran pencernaan. Tindakan pengikatan ini memperlambat penyerapan gula. Akibatnya, gula menumpuk di aliran darah pada tingkat yang lebih lambat dan jumlah yang lebih rendah dibandingkan dengan bagaimana gula terbentuk saat kalian minum jus apel. Efek berbahaya dari sejumlah besar gula yang memasuki aliran darah dengan cepat adalah tubuh memiliki lebih banyak gula yang tersedia daripada yang bisa digunakan sebagai sumber energi. Oleh karena itu, melepaskan insulin adalah cara menghilangkan sebagian gula dengan cepat.

Nah, jadi Sobat Pio tetap bisa mengonsumsi jus apel tetapi jangan terlalu berlebihan ya. Sekian artikel hari ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa di edisi selanjutnya.(RED_IRA)
Sumber : https://www.jpnn.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *