Idul Adha

IMG 20240618 110523 Scaled

ㅤHai, Sobat Pio! Idul Adha adalah lebaran kedua untuk umat islam, yaitu lebaran haji atau hari raya qurban, yang dilakukan setiap 10 Dzulhijah atau setelah hari ke-70 lebaran Idul Fitri. Pada hari ini Selasa, 18 Juni 2024 SMKN 2 Kediri melaksanakan penyembelihan hewan qurban. Untuk kegiatan ini mengusung sebuah tema INBANA “Indahnya Qurban yang Bermakna” alasan dipilihnya tema tersebut karena qurban memiliki makna yang banyak yaitu untuk lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT melalui pelaksanaan qurban, umat muslim bisa menunjukkan ketaatan, dan rasa syukur kepada sang pencipta. Tujuannya diadakan penyembelihan hewan qurban adalah karena perintah agama dan sunah muakad bagi yang mampu.

ㅤAcara ini diselenggarakan oleh pihak sekolah yang dibantu oleh ekstra lain seperti DJM atau Dewan Jamaah Masjid, Kiloe Journalist, OSIS, Pramuka, Pasgarda, dan guru-guru yang ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut. Untuk mempersiapkan acara ini membutuhkan waktu 3-4 minggu. Adapun rangkaian acara pada kegiatan tersebut yang pertama adalah menyiapkan peralatan, proses penyembelihan hewan qurban, pemotongan daging, penimbangan, dan pembagian hewan qurban kepada siswa-siswi kelas X dan XI yang membutuhkan, karena sasaran utama pembagian qurban adalah kepada fakir miskin atau orang-orang yang membutuhkan.

ㅤMengenai penyembelihan qurban tahun ini dan sebelumnya ada perbedaan yaitu untuk tahun sebelumnya program kerja yang dilakukan dari organisasi OSIS, sedangkan untuk tahun ini program kerja yang dilakukan dari pihak DJM atau Dewan Jamaah Masjid sendiri. Untuk hewan yang diqurbankan hanya 1 sapi saja dari dana yang sudah dikumpulkan oleh pihak sekolah dan dibantu iuran oleh siswa-siswi kelas X dan XI, SMKN 2 Kediri. Acara tersebut berjalan dengan lancar, semoga acara penyembelihan hewan qurban tahun depan lebih baik lagi dari tahun ini, tidak ada kendala, lebih terkendali dan semoga yang membayar atau iuran lebih banyak untuk kedepannya agar hewan yang diqurbankan lebih banyak juga. (RED_NVI&RED_IFI)

Narasumber: M. Khoirul Anam, M.PD.I (guru pembimbing)
Aofa Raditya Pratama, X-AKL 2 (ketua panitia)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *